Kamis, 02 Oktober 2014

#2 Judul : Maestro Terlahir Dari Sebuah Rahasia



 Seorang ilmuwan bernama Helmhotz menceritakan bagaimana proses manusia bisa menjadi kreatif atau cerdas. Proses tersebut terjadi melalui tiga tahapan. Tiga tahapan tersebut adalah saturasi, inkubasi, dan organizing.

 Saturasi adalah proses penginputan data ke dalam otak. Semakin intens seseorang memasukkan data maka otak akan semakin kaya dengan informasi. Dalam proses ini memilih informasi ke dalam otak sangat perlu bila anda ingin cerdas dalam suatu bidang. Misalnya saja, Anda ingin cerdas dalam bidang fisika, maka akan menjadi kontraproduktif bila buku-buku yang anda baca adalah bidang biologi.

 Dalam proses ini diperlukan fokus dan kemauan yang gigih. Proses menginput informasi bisa dilakukan dengan berbagai cara yang berbeda untuk setiap orang. Setiap individual mempunyai konsep belajar efektif yang berbeda-beda. Memahami konsep belajar yang efektif adalah sebuah keharusan.

 Proses ke dua adalah inkubasi atau pengendapan. Konon, informasi yang masuk ke dalam otak tidak benar-benar hilang walaupun kita menganggap telah melupakannya. Mereka ada di alam otak kita dan memperkaya pengetahuan yang kita miliki.

 Dalam proses inkubasi ini, informasi yang masuk melalui proses saturasi sangatlah penting. Memilah-milah informasi yang masuk ke dalam otak menjadi urgent bila dikaitkan dengan pilihan kecerdasan. Semakin banyak informasi yang masuk akan menjadi berguna bila mempunyai kolerasi dengan kecerdasan yang kita harapkan.

 Pengendapan terkadang memerlukan waktu yang sulit diprediksi. Sebagai contoh seseorang yang tiba-tiba mampu menjawab soal yang sulit atau secara tak terduga menjadi kreatif. Hasil dari pengendapan informasi di otak bisa jadi menjadi penyebab hal tersebut.

 Proses terakhir adalah organizing. Organizing adalah proses di mana otak mengolah data menjadi output. Bila inputnya benar, insya Allah outputnya juga benar. Bila seseorang secara intens menggali pengalaman dan mengumpulkan informasi dalam bidang yang dia inginkan, maka dia akan menuju jalan yang tepat menuju impiannya sebagaimana yang diatur oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

 Sepuluh Ribu Jam Latihan

 Malcom Galdwell pernah melakukan semacam riset bagaimana orang yang sukses menggapai impiannya. Dia akhirnya mengambil kesimpulan, bahwa seseorang yang secara tekun melalukan 10 ribu jam latihan dalam bidang yang dia inginkan, akan lebih terbuka jalannya menggapai kesuksesannya. Kesuksesan itu tidak berlaku instan, dan walaupun ada orang-orang yang menggapai kesuksesan dengan instan, seringkali kesuksesan itu mudah berakhir.

 Beberapa atlet, penulis, pebisnis, dan bidang lainnya memakai metode tersebut baik disadari maupun tidak disadari.

 Billy Joy–pengembang Java dan pendiri Sun Micro System dan Bill Gates adalah contoh orang-orang yang telah menghabiskan beribu-ribu jam waktunya sebelum mencapai hal yang fantastis. Mereka terus belajar dan bekerja keras untuk menggapai impiannya.

 Contoh lainnya adalah olahragawan terkenal, Ronaldo. Dia menambah jam latihan di luar yang ditetapkan pelatih untuk meningkatkan dan mempertahankan prestasinya. Beberapa atlet yang meraih piala di kompetisi tingkat dunia bercerita mereka telah berlatih sejak usia belasan, bahkan tahunan. Beberapa dari mereka sukses menggapai impiannya setelah hampir sepuluh tahun berlatih, bahkan ada yang lebih cepat dari itu.

 Sepuluh ribu jam latihan artinya jangan menyerah sebelum mencapai titik tersebut. Insya Allah kesuksesan yang kita idamkan akan tergapai bila kita tidak mudah menyerah dalam berikhtiar dibarengi optimisme dan doa tiada henti.

Allahu a'lam

Tidak ada komentar: