Kamis, 17 Maret 2011

Life Is A Huge Struggle

Sebulan yang lalu saya mengalami suatu kegagalan. Hal tersebut sangat berarti bagiku, sehingga saya terus menerus memanjatkan doa, dan mencari waktu yang makbul untuk berdoa, dan berharap bahwa ini adalah jawaban dari mimpi-mimpiku. Saya sangat berharap dengan lulusnya kesuksesan saya dalam hal tersebut dapat merubah jalan hidup saya sehingga saya lebih mampu menata rencana-rencana saya sebelumnya yang sempat berantakan. Namun  sayang, harapan yang kumiliki tidak sesuai dengan kenyataan. Saya gagal! Kegagalan ini sungguh merupakan pukulan yang sangat berat bagiku. Kegagalan ini bagaikan menerima pukulan upper cut dari seorang Mike Tyson yang membuatku jatuh lemas tak berdaya sehingga saya merasa kehilangan motivasi dan semangat.
Saya mencoba merenung-renung dan mengevaluasi hal-hal yang menyebabkan saya gagal saat itu. Sepertinya persiapan yang kurang matang, disertai dengan tingkat keyakinan yang terlalu berlebihan bahwa itulah yang terbaik bagi hidupku, tanpa disertai shalat istikharah kepada Allah, sehingga Allah memberikan saya jalan lain yang insya Allah lebih baik. Karena hanya Allah-lah yang tahu pasti mana yang terbaik bagi kita di dunia ini. Terkadang apa yang kita anggap terbaik, belum tentu menjadi yang terbaik di sisi Allah.
Namun kegagalan itu segera saya tepis. Saya menantang diriku sendiri untuk mengumpulkan tulisan-tulisan yang pernah kubuat dan mengumpulkannya dalam sebuah e-book sehingga saya dapat membacanya lagi dan memotivasi diriku. Karena saya adalah tipe orang yang motivasinya sering turun, maka saya sering ‘memaksa’ diriku membuat tulisan-tulisan yang dapat memotivasi diriku untuk bangkit. Tulisan-tulisan tersebut terinspirasi tentang kisah hidupku –tentu saja dengan perubahan seperlunya tanpa merubah tujuan- dan juga beragam hal yang dapat memotivasi hidupku. Bagiku kegagalan sesungguhnya adalah kesuksesan karena saya berani menentang ketakutanku akan kegagalan dengan terus bangkit dan berusaha. Proses yang terus menerus membuatku mencari jalan dan hikmah, bahwa sesungguhnya Allah tidak akan meninggalkan orang-orang yang berusaha. Mungkin sekarang kita tidak mendapatkan hasil dari usaha kita ini, tapi kita harus yakin bahwa suatu saat, kita akan mengenang dan merindukan saat indah ketika kita berada dalam sebuah proses menuju kemenangan. Karena proses menuju kemenangan itu mempunyai keindahan yang hanya dapat dimengerti oleh orang-orang yang tiada henti berjuang menentang kerasnya hidup.
Memang jumlah tulisan motivasi saya hanya sedikit dan dibuat dengan kemampuan seseorang yang hanya penulis biasa. Tapi saya berharap, tulisan-tulisan ini dapat memotivasi diriku sendiri dan mungkin juga orang lain, sehingga bila suatu saat saya terjatuh lagi, saya akan mengingat saat-saat saya bangkit dari kegagalan saat ini, dan terus berjuang untuk bangkit –sebagaimana halnya yang telah saya lakukan sepanjang hidupku-. Bila engkau menyukai isi tulisan ini maka petiklah hikmahnya dan doakanlah saya bisa menjadikan tulisan-tulisan saya ini menjadi sebuah buku yang bermanfaat kelak. Bila engkau tidak menyukai kumpulan tulisanku ini, maka doakanlah agar saya dapat terus menerus belajar dan membuat karya yang lebih baik lagi.
Lebih lanjut saya telah menantang diriku untuk menyelesaikan sebuah karya lain yang telah lama tidak selesai. Semoga suatu saat tersebut karya tersebut bisa selesai, dan bermanfaat bagi diriku sendiri, bagi orang lain, dan juga menjadi amal ibadah bagiku. Amien.
Inilah pesan untuk diriku, untuk orang lain, dan untuk mereka yang terus berjuang, teruslah berusaha karena Life is a huge struggle (hidup adalah sebuah perjuangan besar)! Ewako.

Tidak ada komentar: